-->

Popular Post

Supported by Sasuke Blog
Posted by : Unknown

Pasti Anda semua pernah menggunakan alat yang menggunakan spray gun. Tengok saja parfum yang biasa Anda pakai, atau pewangi yang biasa Anda pakai waktu menyeterika, ataupun spray paint yang biasa Anda gunakan untuk mengecat. Semuanya menggunakan spray gun.
Apakah Anda terpikirkan bagaimana prinsip kerja alat spray gun yang dapat membuat suatu cairan menjadi partikel-partikel kecil yang mudah tersebar? Pada post saya kali ini akan membahas prinsip kerja alat tersebut. So, let’s check it out!
Prinsip kerja alat spray gun adalah memecah cairan menjadi butiran partikel halus yang menyerupai kabut. Dengan bentuk dan ukuran yang halus ini maka pemakaian cairan seperti pewangi, cat, maupun pestisida, akan efektif dan merata keseluruh permukaan yang disemprot. Untuk memperoleh butiran halus, biasanya dilakukan dengan menggunakan proses pembentukan partikel dengan menggunakan tekanan (hydraulic atomization), yakni cairan didalam tangki dipompa sehingga mempunyai tekanan yang tinggi dan mengalir melalui selang karet menuju ke alat pengabut dengan celah yang sempit, sehingga cairan akan pecah menjadi partikel-partikel yang sangat halus.
1


Bagian-bagian terpenting dari knapsack sprayer adalah nozzle karena nozzle berfungsi sebagai pengubah larutan mejadi butir-butir larutan yang dapat dipancarkan ke bagian yang akan disanitasi. Besarnya butir-butir larutan yang terpencarkan dan penyebarannya sangat tergantung pada gaya tekanan udara dan lubang-lubang pada nozzle.
Perhatikan  gambar prinsip kerja air spray gun di bawah ini,bila udara bertekanan (ditiup) melewati pipa sempit.maka tekanan udara pada daerah O akan menjadi lebih rendah dari 1 atmosfer. Akibatnya air didalam tabung yang memperoleh tekanan 1 atmosfer (lewat tutup yang berlubang) akan mendesak air naik melalui pipa vertical,apabila udara bertekanan ditiup terus menerus,air akan naik keatas (terhisap keatas)muncul pada permukaan pipa vertical dan bertemu dengan udara bertekanan sehingga terpecah-pecah menjadi partikel partikel air yang halus,terjadilah atomisasi/atomized (kabut air). Inilah prinsip kerja spray gun dimana pencampuran udara bertekanan dengan air dilakukan diluar (external Mixing)

{ 2 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © Ilmu-ilmu & ilmu - Dony - Dk Gen78 - Editor Dony Kurniawan -